Subbet; Olahan Keladi Khas Mentawai

Sebagai suku yang kental akan budaya tradisional, tentunya Suku Mentawai memiliki kuliner-kuliner yang sedap. Kuliner-kuliner khas Mentawai, meskipun sederhana, tapi mampu memikat siapa saja untuk mencicipi. Di antaranya adalah Subbet.

Subbet merupakan makanan khas Mentawai yang terbuat dari bahan keladi yang dicampur dengan kelapa parut dan pisang. Keladi merupakan jenis umbi-umbian yang hampir sama seperti talas. Keladi memang menjadi makanan utama masyarakat Mentawai sejak dahulu selain sagu dan pisang. Dalam bahasa Mentawai, keladi disebut dengan gette’.

Ada empat jenis gette’ yang biasa ditanam di onaja (rawa berair), yaitu Simatanae’na, Sikaleleu, Silabuna, dan Sibirut. Beberapa jenis gette’ bisa tumbuh di tanah kering. Gette’ yang bisa tumbuh di tanah kering hanya ada dua, yaitu Palapa dan Sikopkop. Palapa memiliki warna lebih merah dan aroma yang lebih harum dari jenis gette’ yang lain. Sikopkop bisa tumbuh baik di rawa-rawa maupun tanah kering. Dari 6 jenis gette’ tersebut, tidak semuanya digunakan bersamaan untuk membuat subbet. Jenis gette’ yang digunakan disesuaikan dengan selera masyarakat dan juga jenis yang tumbuh di lingkungan masyarakat tersebut.

Subbet-Makanan-Khas-Mentawai-3
Via: Perut Gendut

Adapun cara membuat subbet yang pertama adalah mengupas dan rebus gette’ hingga empuk. Setelah dirasa empuk, gette’ ditumbuk di atas lulak dengan tutuduk. Kemudian, gette’ yang telah halus dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Dan terakhir, bulatan-bulatan tersebut digulingkan di atas parutan kelapa. Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, maka gette’  tersebut bisa ditumbuk bersamaan dengan pisang dan dicampur hingga merata. Rasa manis dari pisang akan menambah rasa nikmat subbet ini.

Ingin tahu tentang kuliner khas Mentawai lainnya? Simak terus Mingguan Mentawai di web ini ya!

 

cover illustration via: Perut Gendut

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s