Batra; Kuliner Mentawai yang Tak Biasa

Selain keladi yang sudah pernah dibahas di post sebelumnya, suku Mentawai memiliki kuliner-kuliner lain yang tidak kalah mempesona. Di antaranya adalah Batra, kuliner khas Mentawai yang lezat namun tak biasa.

Batra merupakan ulat sagu yang hidup di dalam batang pohon sagu yang telah membusuk. Batra memiliki badan berwarna putih agak krem, sementara kepalanya berwarna hitam. Biasanya, masyarakat Mentawai sengaja menebang pohon sagu dan membiarkannya membusuk supaya mereka bisa mendapatkan batra. Di kalangan masyarakat Mentawai, batra merupakan salah satu makanan utama yang dikonsumsi hampir setiap hari.

IMG_20170507_125717
Via: Perut Gendut

Meski terlihat menjijikkan, sebenarnya batra merupakan kuliner khas Mentawai yang sangat lezat. Cara mengolah batra amatlah beragam. Sebagian masyarakat menumis batra dengan bumbu-bumbu seperti bawang, cabai, dan lain-lain. Namun, ada juga yang memakan batra begitu saja menggunakan kecap dan garam. Selain itu, batra pun bisa diolah bersama sayur-sayuran lainnya. Namun, menurut masyarakat Mentawai, cara mengolah batra yang paling lezat adalah dengan merebusnya hingga mendidih, lalu dimakan bersama dengan sagu yang sudah diolah menggunakan bambu dan bumbu lengkap.

Ulat-Sagu-Batra-Mentawai-4
Via: Perut Gendut

Selain itu, ternyata batra memiliki kandungan protein dan nutrisi yang tinggi. Kok bisa? Hal ini disebabkan karena batra mendapatkan sari-sari sagu dari pohon yang ditinggalinya.

Jadi, tertarik untuk mencoba kuliner yang satu ini? Apabila anda datang berkunjung ke Mentawai, jangan lupa untuk menikmati olahan batra sambil bersantai dan mengobrol di uma. Tetap simak Magic of Mentawai untuk info-info seputar Mentawai lainnya!

 

cover illustration via: Merah Putih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s