Tuddukat: Sang Penyebar Berita

Di zaman sekorang, manusia tidak bisa lepas dari ponsel dan telepon. Namun, tidak begitu dengan suku Mentawai. Hingga kini, Suku Mentawai yang bertempat tinggal di wilayah hutan hujan tropis ini masih menggunakan alat tradisional untuk berkomunikasi, terutama komunikasi satu arah atau berita.

Adalah Tuddukat, alat serupa kentongan yang terdiri dari tiga kayu yang dilubangi di bagian atasnya. Lubang ini berfungsi seperti lubang pada gitar. Setiap kayu bervariasi ukurannya dari kecil (toga), sedang (sa’aleleita), hingga besar (ina). Biasanya, untuk membuat Tuddukat digunakan kayu Kulip atau Babaet.

AmanIpai_Pasikaikai_SM.jpg
Via As Worlds Divide

Tuddukat dibunyikan dengan pemukul bernama tetektek. Tetektek berbahan kayu Alolosit. Dalam penggunaannya, digunakan berbagai variasi ritme dan tempo, membentuk sebuah irama. Toga mengandung bunyi vokal A, Sa’aleleita mengandung bunyi vokal E dan O, sementara Ina mengandung bunyi vokal I dan U. Irama dan sangi ini membentuk sebuah isyarat. Konon, untuk mengartikan isyarat dalam bunyi tuddukat dibutuhkan keahlian khusus yang didapatkan secara turun temurun.

Tuddukat merupakan lambang kebanggaan dan kesakralan, sehingga pada zaman dulu setiap Uma diwajibkan memilikinya. Tuddukat digunakan untuk memberitakan berbagai hal, baik kegembiraan maupun duka, di antaranya adalah kelahiran, kematian, pesta, mendapatkan hewan buruan, dan lain sebagainya.

Ipai_Alangi_Jaraurau.jpg
Via As Worlds Divide

Seiring dengan masuknya agama di Mentawai, penggunaan Tuddukat berkurang drastis. Pada saat ini, kebanyakan masyarakat di Kepulauan Mentawai sudah tidak menggunakannya lagi. Di saat ada kematian, lonceng gereja lah yang digunakan untuk mengumumkan. Di saat ada pesta, cukup menyampaikan undangan lewat telepon seluler. Namun, sedikit masyarakat di Siberut masih menggunakan Tuddukat sebagai media komunikasi.

 

Cover Illustration Via: As Worlds Divide

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s