Nikmat Alami Kapurut Sagu; Kuliner Khas Mentawai

Membahas tentang kuliner tentu tiada habisnya. Kepulauan Mentawai memiliki kuliner-kuliner yang khas dan menarik. Di antaranya adalah subbet dan batra yang sudah pernah dibahas di posting-posting sebelumnya. Selain keduanya, masih ada kapurut sagu, yakni kuliner khas Mentawai yang berbahan dasar sagu.

Kapurut sagu atau bungkus sagu merupakan bentuk olahan sagu yang dibuat oleh masyarakat pulau Siberut bagian Selatan. Sebagian masyarakat di sana menjadikan kapurut sagu sebagai makanan pokok, sementara sebagian lain menghidangkannya di saat perayaan pernikahan, keagamaan, dan upacara adat lainnya.

IMG_20170507_124736.jpg
Via: Perut Gendut

Bentuk kapurut sagu memanjang sekitar 40 sentimeter dengan diameter sebesar ibu jari orang dewasa. Bungkusnya terbuat dari daun sagu yang menghitam karena dibakar, dan isinya berupa sagu berwarna kecokelatan yang matang dan mulai mengeras.

Ada dua jenis kapurut sagu yang biasa dinikmati masyarakat Siberut Selatan. Yang pertama adalah kapurut sagu yang dihidangkan tanpa ditambah bahan lain. Sementara satunya lagi adalah kapurut sagu yang dihidangkan dengan dicampur bahan lain, misalnya garam atau kelapa.

Lalu, bagaimana dengan pembuatan kapurut sagu?

46920_large.jpg
Via: Okezone

Untuk membuat kapurut sagu, pertama-tama siapkan dulu bahan-bahannya. Di antaranya adalah daun sagu dan tepung sagu. Daun sagu yang baik digunakan adalah daun yang bersih serta tidak muda dan tidak tua. Daun sagu disobek sebagian untuk digunakan melilit bungkus sagu nantinya.

Sementara itu, tepung sagu disaring menggunakan alat penyaring yang bernama gogotjai. Setelah tidak menggumpal, tepung sagu diberi garam dan atau kelapa secukupnya. Campur tepung sagu dengan bahan-bahan tersebut, kemudian bungkus menggunakan daun sagu dengan cara dililit menjadi kapurut sagu.

46919_large.jpg
Via: Okezone

Kapurut sagu tersebut dibakar terlebih dahulu selama sekitar setengah jam menggunakan kayu bakar dan perapian. Setelah matang, barulah kapurut sagu siap disantap.

Kapurut sagu merupakan makanan khas Mentawai yang banyak digandrungi baik masyarakat lokal maupun turis. Selain karena pembuatannya yang murah, cita rasanya yang khas dan bahannya yang alami membuat kapurut sagu diminati. Menurut orang-orang, kapurut sagu akan semakin nikmat apabila disantap bersama teh manis yang masih hangat.

 

Cover Illustration via: Okezone

 

IMG_20170507_124736.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s